• Home »
  • Berita »
  • Monster! ASUS Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan RAM 8 GB di Dunia

Monster! ASUS Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan RAM 8 GB di Dunia

ASUS baru saja membuat orang terkagum-kagum dengan meluncurkan smartphone pertama di dunia yang memiliki RAM 8, yakni Zenfone AR, di ajang CES 2017 Las Vegas. Selain kapasitas RAM yang super besar, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan prosesor kelas atas Qualcomm Snapdragon 821 Quad-core berkecepatan 2,35 GHz dan penyimpanan internal dengan pilihan 32 GB, 64 GB, 128 GB, atau 256 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 2 TB.

Selain spesifikasi hardware yang mumpuni, smartphone yang satu memiliki teknologi Augmented Reality (AR) Tango yang merupakan hasil kerja sama dengan Google. Bisa dibilang Zenfone AR merupakan smartphone Tango kedua di dunia setelah Lenovo Phab2 Pro, namun dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Untuk menghadirkan proyeksi Augmented Reality Tango dengan sangat bagus, ASUS telah menyematkan sistem tiga kamera (Tri-Cam) belakang pada smartphone ini yang terdiri dari kamera utama beresolusi 23 MP, kamera Motion Tracking, dan kamera Depth Sensing.

Kamera utama yang beresolusi 23 MP ini hadir dengan sensor IMX318, aperture f/2.0, OIS (Optical Image Stabilization), EIS (Electronic Image Stabilization), TriTech Autofocus, dan Dual-LED Real Tone Flash sehingga dapat membuat foto yang dihasilkan menjadi bagus. Sementara kamera depannnya memiliki resolusi 8 MP yang dilengkapi dengan aperture f/2.0, sudut pandang hingga 85 derajat, Dual-LED Real Tone Flash yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie dan wefie dengan bagus.

Selain bisa menghadirkan proyeksi Augmented Reality Tango, Zenfone AR juga telah mendukung Daydream VR Headset buatan Google yang terkenal membutuhkan spesifikasi hardware mumpuni. Hal ini membuat Zenfone AR menjadi smartphone ketiga di dunia yang mendukung headset Virtual Reality (VR) tersebut setelah Google Pixel dan Moto Z.

Mengikuti tren masa kini, ASUS telah membenamkan sensor fingerprint pada tombol home smartphone ini. Dengan hadirnya sensor ini dapat membuat penggunanya membuka kunci smartphone, mengaktifkan aplikasi, dan menjalankan beberapa fungsi hanya dengan menempelkan sidik jarinya pada tombol home.

Zenfone AR juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0 yang memungkinkan daya baterai dapat diisi sebanyak 60% hanya dalam waktu 39 menit. Fitur ini sendiri telah hadir mulai dari prosesor Snapdragon 820 ke atas.

Tak ketinggalan, teknologi NFC, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan tampilan antarmuka ZenUI 3.0, port USB Type-C 2.0, jack audio 3,5mm, dan Audio SonicMaster DTS-HD 5-magnet telah hadir dalam smartphone yang satu ini. Sayangnya belum ada bocoran resmi mengenai harga Zenfone AR, namun diperkirakan smartphone ini akan hadir pada Q2 tahun 2017.

Bagaimana menurut Kamu? Apakah smartphone dengan spesifikasi hardware mumpuni ini sangat layak dibeli?

About Adhitya Wibawa Putra

Orang Bogor yang senang dengan dunia gadget dan kuliner. Hobi menulis untuk menuangkan ide-idenya di Blog Kesayangan.