• Home »
  • Featured »
  • Lapis Bogor Sangkuriang : Nikmatnya Kombinasi Keju dengan Lapis Talas yang Manis

Lapis Bogor Sangkuriang : Nikmatnya Kombinasi Keju dengan Lapis Talas yang Manis

Lapis Bogor Sangkuriang Header

Bogor merupakan kota yang terkenal dengan julukan kota hujan karena memang curah hujannya yang tinggi dan hampir setiap bulan tidak pernah absen dalam menurunkan hujan. Selain hujannya yang terkenal, Bogor juga memiliki tumbuhan yang terkenal dengan Talas. Seiring berjalannya waktu, Talas ini pun telah banyak diolah menjadi makanan maupun obat-obatan.

Menariknya, kini sudah ada makanan olahan Talas terkenal yang menjadi oleh-oleh khas Bogor yang bernama Lapis Bogor Sangkuriang. Sekilas, bisnis Lapis Bogor Sangkuriang sendiri dimulai sejak tahun 2008 oleh Rizka Wahyu Romadhona yang terinspirasi dari Lapis Surabaya. Awalnya Rizka Wahyu Romadhona memulai usaha ini secara rumahan dan berkembang dengan pesat hingga tahun 2011 memberanikan diri untuk membuka outlet pertamanya di Jalan Soleh Iskandar atau lebih terkenal dengan Jalan Baru.

Untuk produksi awal dilakukan di outlet Jalan Baru, namun karena jumlah pesanan yang semakin banyak sehingga produksi dipindahkan ke outlet Pajajaran yang baru dibuka pada tahun 2012. Hingga tahun 2017 ini, Lapis Bogor Sangkuriang telah memiliki 6 outlet utama di jalan Sholeh Iskandar (jalan baru), Pajajaran, Puncak, Cibinong, Stasiun Kereta Api Bogor, dan Dramaga.

Lapis Sangkuriang Kue Potong Pinggir ok

Dari semua outlet yang hadir di Bogor, saya lebih senang mengunjungi Lapis Bogor Sangkuriang yang terletak di jalan Sholeh Iskandar (jalan baru) karena lokasinya dekat dengan kantor saya yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Outlet di jalan baru ini buka mulai dari pukul 06.00 sampai 22.00 WIB setiap harinya.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi dan memesan Lapis Bogor Sangkuriang di jalan Sholeh Iskandar. Pada saat saya memasuki outletnya langsung disambut oleh pegawainya yang menawarkan beraneka ragam makanan ringan yang tidak hanya Lapis Bogor Sangkuriang. Terlihat desain outletnya yang modern minimalis memberikan kesan yang elegan secara kasat mata.

Memang Lapis Bogor Sangkuriang hanya memproduksi kue lapis saja, namun berbagai partner ikut bekerja sama menjual produk buatannya, mulai dari makanan ringan, es, minuman, makanan beku, dan masih banyak lagi. Ketika akan memilih Lapis Bogor Sangkuriang, saya dihadapkan pada berbagai pilihan rasa yang terdiri dari rasa Original Keju, Brownies Keju, Chocovila Keju, Coco Pandan Keju, Full Talas Keju, Teh Hijau Keju, dan Strawberry Keju.

This slideshow requires JavaScript.

Karena saya bingung dengan rasanya, maka saya bertanya kepada pegawai Outlet di jalan Sholeh Iskandar. Selanjutnya, pegawai tersebut memberitahukan bahwa terdapat 3 rasa yang menjadi favorit mulai dari Original Keju, Brownies Keju, dan Teh Hijau Keju.

Tidak pikir panjang, saya langsung memilih rasa Original Keju karena berdasarkan penuturan pegawai Lapis Bogor Sangkuriang bahwa rasa tersebut merupakan yang paling favorit. Hampir semua rasa dari Lapis Bogor Sangkuriang memiliki harga Rp 29.000, namun khusus Brownies Keju memiliki harga Rp 32.000 dan Strawberry Keju mempunyai harga Rp 33.000.

Berdasarkan penuturan dari pegawai outlet, Lapis Bogor Sangkuriang ini mampu bertahan selama 3 hari pada suhu ruangan dan 7 hari pada suhu dingin di dalam kulkas. Tentu saja, Lapis Sangkuriang Bogor pun nikmat dimakan dalam kondisi dingin atau biasa saja.

Selanjutnya, saya pun membawa Lapis Bogor Sangkuriang untuk dinikmati dengan keluarga di rumah. Setelah sampai di rumah, saya langsung membuka kotak dari Lapis Bogor Sangkuriang dan terlihat kue lapisnya bertabur keju di bagian atasnya yang menggugah selera.

Lapis Bogor Sangkuriang Kue Potong

Tak sampai di situ, lapisan talas yang berwarna ungu dan kuning pun membuat kue lapis ini tampak cantik. Kemudian, kue lapis ini saya potong kecil-kecil dan langsung saya makan. Awalnya terasa keju yang gurih dan dilanjutkan dengan tekstur kuenya yang lembut, bahkan rasa talasnya yang khas dengan bercampur manis pun lezat untuk dinikmati di dalam mulut saya.

Bisa dibilang Lapis Bogor Sangkuriang ini memang cocok dinikmati ketika bersantai dengan keluarga maupun acara-acara lainnya. Bahkan bagi kamu yang ingin menjadikannya oleh-oleh khas Bogor ke luar kota sudah bisa dibilang tepat karena memiliki rasa yang khas berkat menggunakan tepung talas dan kombinasi keju.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Bogor ini maka dapat mengunjungi 6 outlet yang informasi lengkapnya dapat dilihat di situs resmi Lapis Bogor Sangkuriang. Namun bagi kamu yang kebetulan sedang di jalan Sholeh Iskandar (jalan baru) maka dapat langsung mengunjungi tautan Google Maps ini.

About Adhitya Wibawa Putra

Seorang pengguna smartphone Huawei P9 Leica yang senang dengan dunia gadget dan kuliner