• Home »
  • Berita »
  • BlackBerry KEYone Android Terbaru Resmi Diluncurkan dengan RAM 3 GB dan Android Nougat

BlackBerry KEYone Android Terbaru Resmi Diluncurkan dengan RAM 3 GB dan Android Nougat

[sumber gambar : BlackBerry]

Beberapa tahun lalu, BlackBerry sempat berjaya di dunia maupun Indonesia. Sayangnya secara perlahan pamor smartphone BlackBerry turun. Bahkan aplikasi pesan paling terkenalnya, BlackBerry Messenger (BBM), harus rela diterbitkan di platform lain, seperti Android dan iOS (iPhone, iPad) untuk dapat menarik minat penggunanya lebih banyak.

Akhirnya pada tahun 2016, secara resmi Emtek yang merupakan grup perusahaan asal Indonesia membeli lisensi BlackBerry Messenger. Selain itu, hak pengembangan dan pendistribusian smartphone BlackBerry pun harus berpindah tangan ke TCL. Nah, baru-baru ini TCL menghidupkan kembali smartphone Android BlackBerry yang bernama KEYone.

KEYone sendiri merupakan smartphone BlackBerry yang selama ini dikabarkan bernama Mercury. Meskipun smartphone yang satu ini menggunakan layar sentuh, namun keyboard QWERTY fisik ciri khas BlackBerry pun ikut juga tersemat pada bagian depannya. Untuk lebar layarnya mencapai 4,5 inci dengan resolusi 1.620 x 1.080 piksel yang tidak biasa. Hal ini disebabkan hadirnya keyboard fisik pada perangkat ini.

[sumber gambar : BlackBerry]

Dari sektor hardware, BlackBerry KEYone telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB. Baterai berkapasitas besar 3.500 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 juga telah disematkan dalam smartphone yang satu ini. Sementara kameranya telah menggunakan kamera belakang beresolusi 12 MP dengen sensor Sony IMX378 ditambah aperture f/2.0 dan kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Menariknya, sensor fingerprint smartphone ini terdapat di belakang space bar pada keyboard fisik QWERTY. Dengan hadirnya sensor ini memungkinkan penggunanya untuk bisa membuka kunci smartphone hanya dengan menyentuhkan jarinya pada space bar fisik. Tak ketinggalan, dukungan 4G-LTE dan sistem operasi Android 7.1 Nougat telah hadir dalam smartphone yang satu ini.

BlackBerry KEYone sendiri akan mulai dijual secara global pada bulan April 2017 dengan harga yang mencapai US$549 atau sekitar Rp7,31 jutaan. Apabila dibandingkan dengan smartphone Android yang memiliki spesifikasi yang sama, bisa dibilang BlackBerry KEYone dibanderol dengan harga yang mahal. Namun jika dilihat dari fitur-fitur khas BlackBerry yang hadir maka harganya bisa menjadi pantas. Bagaimana menurut Anda? Apakah harganya sudah sesuai?

About Adhitya Wibawa Putra

Seorang pengguna smartphone Huawei P9 Leica yang senang dengan dunia gadget dan kuliner