Smartphone 4G Samsung Super Murah Cuma Rp 700 ribuan di Indonesia

Selain menggunakan sistem operasi Android, Samsung sendiri telah menanamkan sistem operasi Tizen yang merupakan buatannya sendiri kepada perangkat yang dikembangkannya, mulai dari smartwatch, kulkas, televisi, bahkan hingga smartphone. Hal ini dilakukan Samsung untuk membuat semua perangkatnya terintegrasi satu sama lain dengan teknologi Internet of Things (IoT).

Nah, smartphone yang menggunakan sistem operasi Tizen terdapat pada keluarga Z. Bisa dibilang pionir dari keluarga ini dimulai pada seri Z1 yang dilanjutkan ke Z3 dengan spesifikasi hardware yang bisa dibilang masih cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh Tizen yang menggunakan kemampuan hardware dengan ringan sehingga Samsung mengklaim bahwa smartphone keluarga Z tidak membutuhkan hardware yang sangat tinggi.

Selanjutnya, pada Oktober 2016 silam, secara resmi Samsung meluncurkan Z2 yang menggunakan sistem operasi Tizen di Indonesia. Meskipun Z2 merupakan generasi ketiga dari keluarga Z, namun ini merupakan smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan sistem operasi Tizen. Dalam peluncurannya sendiri, turut hadir juga para pemenang kompetisi aplikasi Tizen yang diselenggarakan Samsung.

Bisa dibilang Samsung ingin mencoba untuk meluncurkan smartphone dengan sistem operasi buatannya sendiri yang lengkap dengan aplikasi yang sudah hadir di toko aplikasi Tizen dan ekosistem pengembang aplikasi lokal indonesia. Sementara itu, bila dibandingkan dengan smartphone Android, memang spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh Z2 ini cukup rendah.

Hal ini terlihat dengan penggunaan prosesor Spreadtrum SC9830 Quad-core berkecepatan 1,5 GHz, prosesor grafis Mali-400MP2, RAM 1 GB, dan penyimpanan internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 200 GB. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel dan kerapatan 233 ppi (pixel-per-inch).

Untuk kameranya telah menggunakan kamera belakang 5 MP dengan aperture f/2.2 ditambah LED Flash dan kamera depan beresolusi VGA. Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, port microUSB, port jack audio 3,5mm, baterai berkapasitas 1.500 mAh berjenis Li-Ion, dan sistem operasi Tizen 2.4 telah hadir pada Samsung Z2.

Dalam paket penjualannya, Samsung menyertakan juga satu lagi casing belakang cadangan dengan motif batik mega mendung asal Indonesia. Samsung Z2 ini telah dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp799.000 melalui toko online maupun offline.

About Adhitya Wibawa Putra

Seorang pengguna smartphone Huawei P9 Leica yang senang dengan dunia gadget dan kuliner