Kencang! Teknologi ini 100 Kali Lebih Cepat Daripada Wi-Fi

Kini koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan yang biasa digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Dengan adanya internet ini dapat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, melihat informasi, dan berita dengan sangat cepat.

Biasanya pada tempat umum, kafe, rumah, maupun kantor telah tersedia jaringan internet yang dikoneksikan secara nirkabel melalui jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity). Tentunya orang yang berada di sekitar Wi-Fi hanya langsung mengoneksikannya dengan smartphone, laptop, maupun gadget lainnya.

Kecepatan Wi-Fi pun beragam, terkadang suka ada yang lambat atau cepat tergantung provider yang digunakan maupun cuaca. Ternyata ada teknologi yang lebih cepat dibandingkan Wi-Fi yang bernama Li-Fi (Light Fidelity).

Sesuai dengan namanya, Li-Fi menggunakan kecepatan cahaya sehingga memiliki kecepatan 100 kali lipat lebih cepat dibandingkan Wi-Fi. Cara kerjanya sendiri menggunakan lampu LED yang berkedip untuk mentrasfer data dalam hitungan nano detik sehingga tidak terlihat secara kasat mata.

Teknologi ini telah berhasil mentrasfer data 224 Gbps. Luar biasa sungguh cepat bukan. Selain itu, perusahaan asal Estonia, Velmenni telah menerapkannya pada laboratorium di kantornya dan lingkungan di Estonia.

Sayangnya teknologi ini belum mampu menembus dinding sehingga baru bisa digunakan dalam 1 area saja. Sementara Wi-Fi mampu menembus dinding. Untuk saat ini, teknologi tersebut terus dikembangkan agar mampu menandingi Wi-Fi yang telah digunakan di seluruh dunia.

Bagaimana menurut Kamu? Apakah teknologi ini layak digunakan?

About Adhitya Wibawa Putra

Seorang pengguna smartphone Huawei P9 Leica yang senang dengan dunia gadget dan kuliner